30.10.10

INTERNET adalah google, facebook, twitter, yahoo, wikipedia, youtube, dan lain-lain.... (ngawur =D)
gak usah dijelasin lagi pasti semua orang yang tinggal di palanet ini, di zaman teknologi sekarang ini udah pada tau apa itu internet. NAH! tapi... gak semuanya tau kan gimana cara ngakses internet, yaa nggak? (enggak) LHO? 
alat-alat apa aja yang digunain, apa aja fungsinya dan apa aja jenis-jenisnya. ok! langsung aja deh, aku mau share dikit tentang alat-alat atau bahasa komputernya perangkat buat ngakses internet. yaaakk!! inilah dia "PERANGKAT PENGAKSES INTERNEEEET...." (nada suara doraemon pas baru pertama mulai).

kalo mau ngakses internet, yang bisa kita gunain pertama-tama adalah.......



MODEM (apa sih modem?)

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
  
Jenis Jenis Modem :
1. Modem 3GP
2. Modem GSM
3. Modem analog
Yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital 
4. Modem ADSL
5. Modem kabel
Yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel 
6. Modem CDMA


                                             CONTOH GAMBAR MODEM





kedua, satelit juga bisa...

SATELIT

lSatelit internet menyediakan akses Internet melalui satelit. layanan ini dapat diberikan kepada pengguna di seluruh dunia melalui Orbit bumi rendah (LEO) satelit. satelit Geostasionar dapat menawarkan kecepatan data yang lebih tinggi, tetapi sinyal mereka tidak dapat mencapai beberapa daerah kutub di dunia. Berbagai jenis sistem satelit memiliki berbagai fitur yang berbeda dan keterbatasan teknis, yang sangat mempengaruhi kegunaannya dan kinerja dalam aplikasi tertentu.
lSatelit disebut juga dengan transfoder yang merelay sinyal dari terminal satu ke terminal lainnya. Satelit yang umumnya digunakan adalah satelit GEO ( Geostationer Earth Orbiting)
lSatellite adalah salah satu infrastruktur yang dapat digunakan untuk aplikasi Internet Broadband Multimedia. Penggunaan Frekuensi pada satellite terbagi beberapa level.diantara yang sering di gunakan adalah Frekuensi C-Band dan Ku-band.Yang telah lama digunakan dan saat ini sudah mulai penuh adalah Frekuensi C-band.


CONTOH GAMBAR SATELIT INTERNET





selain itu kita juga mbutuhin...

SWITCH

Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.
Cara Kerja Switch
Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.

Type Switch :
  •      ATM Switch
  •     ISDN Switch
  •    ISDN (Integrated Services Digital Network) Switch atau yang dikenal sebagai istilah Frame relay switch over ISDN yang biasanya terdapat pada Service Provider bekerja seperti halnya switch, tapi memiliki perbedaan yaitu interface yang di gunakan berupa ISDN card atau ISDN router.
  •     DSLAM Switch
  •    Ethernet Switch


CONTOH GAMBAR SWITCH




yang satu ini juga perlu niih...

ROUTER
  •      Definisi router broadband: Sebuah fitur jaringan tradisional switch , sebuah firewall , dan DHCP server. Broadband router dirancang untuk kenyamanan dalam pengaturan jaringan rumah, khususnya untuk rumah dengan kecepatan tinggi modem kabel atau DSL layanan Internet. Sebuah router broadband mendukung file sharing, berbagi koneksi internet, dan game LAN rumah. Sebuah router broadband mengikuti Ethernet standar untuk jaringan rumah. router broadband Tradisional diperlukan kabel Ethernet dijalankan antara router, modem broadband, dan masing-masing komputer di rumah LAN . Router wireless yang lebih baru juga mendukung akses Internet broadband dan standar Ethernet tanpa memerlukan kabel.
  • Beberapa produsen produk-produk router broadband menawarkan kepada konsumen. Fitur yang membedakan produk router broadband meliputi jumlah dan jenis port yang tersedia pada unit ini untuk pemasangan kabel komputer, modem eksternal, atau perangkat jaringan lainnya.  


    CONTOH GAMBAR ROUTER




Nah! kalo yang ini nih adanya di hape, yang kita pake tiap hari itu loooh... (sok centil ;p)

GPRS
GPRS (General Packet Radio Services) adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data lebih cepat jika dibandingkan dengan penggunaan teknologi Circuit Switch Data atau CSD.
Sistem GPRS dapat digunakan untuk transfer data (dalam bentuk paket data) yang berkaitan dengan e-mail, data gambar (MMS), dan penelusuran (browsing) Internet. Layanan GPRS dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136, walaupun jaringaan GPRS saat ini terpisah dari GSM. Dalam teorinya GPRS menjanjikan kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, sehingga memungkinkan akses internet, pengiriman data multimedia ke komputer, notebook dan handheld computer. Namun, dalam implementasinya, hal tersebut sangat tergantung faktor-faktor sebagai berikut:
• Konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS.
• Software yang dipergunakan.
• Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan. Ini menjelaskan mengapa pada saat-saat tertentu dan di lokasi tertentu akses GPRS terasa lambat, bahkan lebih lambat dari akses CSD yang memiliki kecepatan 9,6 kbps.

Komponen-komponen utama jaringan GPRS adalah : 

1. GGSN (Gateway GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan GPRS ke jaringan
    internet. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai interface ke PDN (Public Data  
    Network), information routing, network screening, user screening, address mapping.
2. SGSN (Serving GPRS Support Node): gerbang penghubung jaringan BSS/BTS ke jaringan 
    GPRS. Komponen ini berfungsi untuk mengantarkan paket data ke MS, update pelanggan
    ke HLR, registrasi pelanggan baru.
3. PCU : komponen di level BSS yang menghubungkan terminal ke jaringan GPRS 

GPRS menggunakan sistem komunikasi packet switch sebagai cara untuk mentransmisikan datanya. Packet switch adalah sebuah sistem di mana data yang akan ditransmisikan dibagi menjadi bagian-bagian kecil (paket) lalu ditransmisikan dan diubah kembali menjadi data semula. Sistem ini dapat mentransmisikan ribuan bahkan jutaan paket per detik. Transmisi dilakukan melalui PLMN (Public Land Mobile Network) dengan menggunakan IP backbone. Karena memungkinkan untuk pemakaian kanal transmisi secara bersamaan oleh pengguna lain maka biaya akses GPRS, secara teori, lebih murah daripada biaya akses CSD. 


CONTOH GAMBAR GPRS





yang ini sih, pasti sering denger yaa...? sekarang hampir disetiap tempat ada, apalagi tempat nongkrong tuh, tempatnya anak-anak muda getoo, remaja gaaool getoo... (apaan sih?) di kampus, di sekolah, di kantor-kantor, pasti ada nih...

Wi-Fi
l

lWi-Fi merupakan kepanjangan dari teknologi jaringan wireless yang menggunakan gelombang radio untuk menyediakan koneksi jaringan dan kecepatan Internet tingkat tinggi. Sedangkan Wi-Fi Alliance, merupakan organisasi yang memiliki term trademark Wi-Fi, secara khusus mendefinisikan Wi-Fi sebagai bagian dari product WLAN (Wireless Local Area Network) yang berbasis di standard Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11. Wi-Fi secara mudahnya juga berarti IEEE 802.11x.
lAwalnya, Wi-Fi digunakan hanya di standard 802.11b 2.4GHz, namun Wi-Fi Alliance telah memperluas penggunaan term Wi-Fi untuk berbagai tipe jaringan atau product WLAN yang berbasis standard 802.11, termasuk 802.11b, 802.11a. dual-band, dan sebagainya. Usaha Wi-Fi Alliance tersebut ditujukan untuk menghapus kebingungan mengenai interoperabilitas wireless LAN.
lWi-Fi bekerja tanpa menggunakan koneksi fisik kabel antara pengirim dan penerima, namun dengan teknologi frekuensi radio (RF), sebuah frekuensi dalam spectrum electromagnetic yang diasosiasikan dengan gelombang radio. Ketika RF disuplai ke sebuah antenna, maka electromagnetic akan dibuat dan masuk ke sebuah sudut jaringan wireless yang dinamakan Access Point (AP). Tugas utama AP adalah untuk menyebarkan (broadcast) sinyal wireless yang terdeteksi di komputer dan ‘masuk’ ke dalamnya. Untuk terkoneksi ke AP dan join ke jaringan wireless, komputer dan device harus dilengkapi dengan adapter jaringan wireless. 


CONTOH GAMBAR WI-FI





sepertinya cukup segitu aja yang aku tauu...

yess!! akhirnyaa... udah deh ya segitu aja sharenya (LHO? kagak niat banget sih. hehe^^)
karena ini tuntutan tugas sebagai siswa SMA yang harus diselesein, kalo gak gitu gak dapet nilai tuh (jujur amat. hhe, bapak guru jangan marahi saya yaa. piss! ^^v) yaa sekaligus mau sharing, semoga bisa bermanfaat juga. jadi kalo ada kurang-kurangnya, salah-salahnya, ngawur-ngawurnya, dimaafin ajee yee... =D
dan kalo bisa ditambahin juga misal ada yang kurang (banyak banget seh maunya).


okee deh segini dulu dari aku... 



  

2 komentar:

  1. salam kenal ya..... jangan lupa masuk donk ke blog ku di www.cucusupriadi.blogspot.com

    BalasHapus